Tuesday, November 28, 2017

MTSN Muara Kelingi

MTS Negeri Muara Kelingi adalah Induk KKM (Kelompok Kerja Madrasah) Mts Miftahussalam Megang sakti III, yang pada saat ini di Pimpin Oleh Ibu Nurjana, setelah Mts Miftahussalam mendapatkan Surat Izin Operasional maka Kepala Sekolah langsung mendatangi Pihak Mts Miftahussalam sebagai Konfirmasi untuk bergabung dalam KKM, dan pada saat itu Jumlah anggota KKM yaitu 11 dan dengan gabungnya Mts Miftahussalam maka berjumlah 12 anggota.

Awal Ujian Nasional Siswa-siswi MTS Miftahussalam dulu di MtsN Muara kelingi ini karena walaupun telah mendapatkan SK Akreditasi namun jumlah siswa belum mencapai ambang batas minimal yaitu seharusnya 20 siswa dan pada saat itu siswa perdana Mts Miftahussalam yang akan mengikuti Ujian Nasional masih berjumlah 15 siswa.

Baru Ujian Nasional kedua Mts Miftahussalam Megang sakti III bisa Menyelenggarakan Ujian Nasional di gedungnya sendiri karena selain telah mendapatkan SK Akreditasi juga jumlah siswa telah mencapai 20 bahkan lebih yaitu 39 siswa. terdapat peningkatan yang lumayan pesat.

MTSN Muara Kelingi

Di Kecamatan Muara Kelingi terdapat 3 Madrasah, I Madrasah Negeri dan 2 Madrasah Swasta yaitu:

  1. MTSN MUARA KELINGI, NPSN : 10648573 Alamat : JL. LAPANGAN MERDEKA Kec, Muara Kelingi
  2. MTSS AL BAROKAH, NPSN :10648575 Alamat :Desa Petrans Jaya
  3. MTSS AL IKHLAS SIDOREJO, NPSN :10648574 Alamat : JL. Juanda Sawit Lestari ,Sidorejo, Lubuk tua, Kecamatan Muara Kelingi
Dan berikut saya bagikan Profil MTSN Muara Kelingi sebagai Induk KKM Mts Miftahussalam:

Nama Madrasah : MTSN MUARA KELINGI
NPSN : 10648573
Alamat : JL. LAPANGAN MERDEKA Kelurahan Muara Kelingi Kecamatan Muara Kelingi
Naungan : Kementerian Agama
No. SK. Pendirian : 107 Tahun 1997
Tanggal SK. Pendirian : 1997-03-17
No. SK. Operasional : 107 Tahun 1997
Tanggal SK. Operasional : 1997-03-17



Sejarah Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Kelingi

Dengan pemikiran  untuk menanam nilai-nilai keagamaan ditengah masyarakat dan keinginan untuk mencetak  generasi penerus bangsa yang berpengetahuan luas, bermoral, beretika,  serta berakhlaqul karimah telah telah memotivasi beberapa pemuka dan anggota masyarakat Kecamatan Muara Kelingi untuk mendirikan sebuah lembaga Pendidikan Agama dalam hal ini adalah Madrasah Tsanawiyah. Lembaga pendidikan agama ini merupakan satu-satunya lembaga pendidikan agama yang sekaligus berperan sebagai Lembaga untuk  pengembangan  keagamaan bagi masyarakat di wilayah kecamatan muara kelingi.

Seiring dengan isu otonomi daerah dan pemekaran wilayah yang terjadi belakangan ini, sebagaimana yang terjadi di Wilayah Kabupaten Musi Rawas yang terbagi ke dalam dua Wilayah Pemerintahan yakni Kota Lubuk linggau dan Kabupaten Musi Rawas secara lansung menjadikan MTs Negeri Muara Kelingi menjadi MTs Negeri  yang pertama yang berada di wilayah Kabupaten MusiRawas.

TokohPerintis yang berperan besar terhadap pendirian Madrasah Tsanawiyah ini diantaranya :Bapak AM. Sukarjo, beliau adalah seorang guru Agama yang bertugas di SD N 01 MuaraKelingi., BapakYunif, Bapak Abuston Alamsyah, BapakRasyid, BapakRusdi, BapakKholik, BapakBurlian, Ibu Kholani dan Anggota Masyarakat lainnya yang juga berperan sebagai tenaga Pengajar pada Lembaga Pendidikan tersebut.

Padatahun 1983 berdirilah Madrasah Tsanawiyahhasilswadayamasyarakat di wilayah kecamatan muara kelingi dengan memanfaatkan fasilitas gedung Sekolah milik muhammaddiyah  yang berlokasi disamping lapangan merdeka.  Oleh karena animo masyarakat yang sangat baik terhadap kehadiran Madrasah ini maka tahun 1986 status Sekolah iniberubah menjadi Filial ( dalam persiapan untuk dinegerikan ).

dan baru Pada tahun 1997 Madrasah Tsanawiyah ini dinegerikan berdasarkan SKP No : 170 tertanggal 17 Maret 1997, Dengan demikian sejak saat itu seluruh pengolaan Madrasah menjadi tanggungjawab pemerintah di bawah naungan Departemen Agama.

Status Tanah sejaktahun 1986 Madrasah TsanawiyahNegeriMuaraKelingiberdiridiatastanahdengan status hak milikberdasarkan Sertifikat tanah Nomor : 474/ 378/ MK/ 1986 dan Akta Tanah Nomor : 594.4/ 138/ 1986. Sumber : http://10602185.siap-sekolah.com/sekolah-profil/#.Wh0mxk4zAtw


No comments:

Post a Comment