Tuesday, April 7, 2020

MATERI KELAS VIII MTS MIFTAHUSSALAM

Berikut adalah Materi Tugas Mencatat atau belajar dirumah siswa MTs Miftahussalam Kelas VIII dalam rangka Perubahan Sistem Pembelajaran di Madrasah menjadi dirumah dalam upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19, agar kiranya materi dicatat di buku pelajaran masing-masing Mata Pelajaran. Jika dalam bentuk soal tulis jawabannya saja. Jika ada pertanyaan silahkan Hub Nomor Telphone yang tertera pada surat Pemberitahuan, silahkan hubungi Wali Kelas untuk bisa bergabung di WA Group agar bisa mengikuti pembelajaran lebih lanjut:

MATEMATIKA KELAS VIII

Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran

1. Garis Singgung Persekutuan Dalam



  • jari-jari lingkaran yang berpusat di O=R
  • jari-jari lingkaran yang berpusat di P = r
  • panjang garis singgung persekutuan dalam adalah AB = d
  • jarak titik pusat kedua lingkaran adalah PO = p 


Contoh Soal

Berdasarkan gambar diatas, panjang jari-jari MA = 5 cm dan panjang jari-jari NB = 4 cm, serta panjang MN = 15 cm. Hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalamnya?
Penyelesaian :
MA = 5 cm
NB = 4 cm
MN = 15 cm
Dit : AB ?
Jawab :

Jadi panjang garis singgung persekutuan dalamnya yaitu 12 cm.

2. Garis Singgung Persekutuan Luar
Contoh Soal
Diketahui panjang R = 7 cm, r = 2 cm dan panjang garis singgung persekutuan luar AB = 12 cm. hitunglah jarak kedua titik pusat?
Jawab:
R=7cm, r = 2cm, d=12 cm.
P =…..?
d² = p²-(R-r)²
12² = p²-(7-2)²
144 = p²-(5)²
144 = p²-25
p² = 144+25
p² = 169
p =√169
p = 13 cm

Latihan soal

  1. Panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran adalah 20 cm, panjang jari- jari kedua lingkaran adalah 9cm dan 6 cm. Hitunglah jarak kedua pusat lingkaran tersebut?
  2. Jarak titik pusat dua lingkaran adalah 15cm dan panjang jari-jarinya masing-masing 7cm dan 4 cm. Hitunglah panjang garis singgung berikut:
a. Persekutuan dalam
b. Persekutuan luar


SBK KELAS VIII

Pementasan Pantonim

Setiap pementasan mempunyai kesan dan karakter yang berbeda. Hal ini ditentukan oleh seberapa ber-hasil kita mewujudkan pementasan yang telah kita rancang dan persiapkan dengan waktu yang cukup panjang dan pengorbanan yang telah kita berikan baik itu waktu maupun biaya. Maka sebaiknya­ pementasan­ yang di­ rancang dapat ter­ laksana dengan sukses. Kesuksesan­ ditentukan oleh ketekunan dan keseriusan­ kalian dalam proses mempersiapkan pementasannya
Pelaksanaan pementasan Pantomim harus dikelola­ dengan manajemen pertunjukan yang baik. Beberapa hal yang perlu di perhatikan da-lam pelaksanaan pementasan pantomim antara lain sebagai berikut.

1. Persiapan seluruh panitia penyelenggara
Kepanitiaan yang telah disusun sebaiknya­ me­ laksanakan­­ tugasnya­­ sesuai­ dengan kemampuan­ dan tugas pada bidang kerja masing -­masing, jangan sampai ada yang tidak sesuai­. Rasa tanggung jawab dan rasa memiliki pada produk-si pementasan yang akan dipentaskan harus terus ditanamkan dalam pribadi semua kepanitiaan­. Semua panitia mempunyai satu tujuan yaitu mensukseskan­ pementasan­ pantomim.

2. Pemanggungan
Pemanggungan merupakan sebuah proses akhir dari per siapa npe­ra nca nga  d a n latihan panjang yang telah dilalui. Hal penting dalam proses pemanggungan  diantaranya menyiapkan panggung dengan baik agar proses pementasan berjalan dengan baik . panggung berurusan hal-hal yang  bersifat teknik seperti teknik pemasangan setting, teknik penggunaan alat -alat properti, teknik sound system, dan teknik penataan lampu.

3. Publikasi
Kehadiran penonton untuk mengapresiasi karya pertunjukan­ dipersiapkan, sangat ditentukan­ oleh usaha dalam melakukan publikasi. Publikasi me­ rupakan penyebaran informasi dan berita tetang pementasan. Banyak cara untuk mempublikasikan­ pementasan, di antaranya publikasi­ yang dilakukan dari mulut kemulut. Semua pendukung memberi-takan tentang pementasan yang akan dilaksana­kan­ pada orang-orang terdekat, keluarga, dan teman. Publikasi yang dilakukan­ dari mulut ke mulut ber­ sifat terbatas. Publikasi yang umum yang bisa men-jangkau kalangan yang lebih luas dilakukan melalui media massa, koran, majalah, radio, dan televisi. Media poster, baliho, pamflet dan spanduk bisa juga dibuat sebagai untuk publikasi pe-mentasan pantomim di ­tempat-tempat umum yang strategis.

Mengevaluasi Pementasan Pantomim

Kegiatan evaluasi dilakukan untuk memahami dan mengoreksi proses yang telah kalian lakukan. Apa yang telah dirancang kemudian men­ jadi pementasan. Pada saat evaluasi kalian dapat mengetahui­ tingkat keberhasilan dan kegagalan dari rancangan pementasan yang telah kalian buat. Perlu keterbukaan dan mau saling menerima kritik di antara semua pendukung pementasan. Hal ini sangat baik untuk pelaksanaan pementasan selanjut-nya sehingga kalian dapat belajar dari kegagalan, dan melanjutkan keberhasilan yang telah dicapai supaya lebih sukses.


IPA VIII

Zat aditif alami dan buatan

A. Pewarna Makanan

Zat pewarna alam yang sering digunakan berasal dari daun pandan (warna hijau), kunyit (warna kuning), cabe (berwarna merah), dan wortel (karotein berwarna kuning merah). Jika kita ingin membuat kue berwarna coklat kita terkadang juga mengunakan serbuk bijicoklat atau serbuk biji kopi. Zat pewarna makanan tidak sama dengan zat pewarna untuk pakaian atau pewarna lain. Zat pewarna makanan tidak bersifat racun tetapi zat pewarna pakaian dan benda-benda pada umumnya bersifat racun, khususnya bagi manusia dan hewan.

B. Zat Pemutih Makanan
Selain zat pewarna makanan kita mengenal zat pemutih makanan. Misalnya oksida klor, hidrogen peroksida, benzoil peroksida, dan lain-lain.Zat pemutih ini baik untuk memperbaiki warna bahan makanan tanpa merusak komposisi bahan makanan. Contoh tepung yang masih baru biasanya berwarna kuning kecoklatcoklatan atau kuning keabu-abuan. Zat-zat pemutih tersebut dapat digunakan untuk memutihkan tepung tadi. Hidrogen peroksida biasa digunakan untuk memutihkan warna susu yang digunakan untuk membuat keju. Ada zat pemutih yang memiliki fungsi ganda yaitu sebagai pemutih zat makanan juga sebagai pereaksi untuk menjadikan bahan makanan itu larut dalam air. Misalnya, natrium hipoklorit digunakan agar pati yang tidak larut dalam air menjadi larut dalam air.

C. Zat Pemanis
Gula baik yang terbuat dari tebu maupun dari enau atau kelapa diuraikan dalam tubuh manusia menjadi glukosa. Glukosa ini dioksidasi oleh oksigen menjadi gas CO2 dan H2O disertai dengan kalor atau tenaga. Jadi, gula selain rasanya manis juga dibutuhkan oleh manusia. Ada zat pemanis yang tidak menghasilkan kalori misalnya sakarin, kalsium, natrium dan atau magnesium siklamat, dan dulsin Rasa manis pemanis gram siklamat 30 kali lebih manis dari gula tebu, sedangkan sakarin mempunyai kemanisan sampai 800 kali. Zat-zat pemanis semacam ini sangat menolong orang-orang yang mengidap penyakit gula (diabetes). Garam-garam siklamat, sudah tidak diperkenankan lagi penggunaannya di Amerika Serikat, mengingat diperkirakan bersifat karsinogen (penyebab kanker).

D. Zat Cita Rasa Makanan
Monosodium glutamat merupakan asam amino karboksilat yang diperlukan tubuh kita
untuk pembentukan protein. Walaupun demikian, penggunaan monosodium glutamat yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit bagi manusia dan hewan.

Zat cita rasa minuman buatan biasanya diupayakan agar memiliki rasa seperti buahbuahan.
Baik memiliki rasa seperti rasa nanas, pisang, apel dan lain-lain. Pecitarasa buatan tersebut biasanya dikemas dalam bentuk cairan dalam botol dan dapat sekaligus merupakan pewarna.
Hasil esterifikasi dapat berupa etil butirat yang memiliki bau nanas dan oktil asetat dengan bau buah jeruk. Bau buah pisang dihasilkan oleh senyawa amil asetat dan bau buah apel dihasilkan oleh senyawa amil valerat.

E. Zat Pengawet
Zat pengawet yang digunakan untuk makanan kaleng antara lain natrium benzoat, natrium
nitrat (sendawa), dan asam sitrat. Zat pengawet untuk buahbuahan dalam kaleng antara lain gula. Natrium benzoat digunakan di dalam makanan dan minuman yang berasa asam. Natrium dan kalsium propinoat dapat digunakan untuk mencegah hama berupa binatang kapang pada roti dan kue kering.Sedangkan asam sorbat digunakan untuk mencegah kapang dalam keju. Etilen oksida dan etil format adalah bahan fumigasi yang digunakan untuk menghilangkan hama dari bumbu-bumbuan, kacangkacangan, dan buah-buahan kering.

Untuk mencegah ketengikan minyak biasanya digunakan antioksidan. Contoh antioksidan adalah butil hidroksi anisol (BHA) dan butil hidroksitoluena (BHT). Formalin merupakan larutan formaldehida dalam air. Formalin sangat membahayakan. Saat formalin masuk dalam tubuh biasanya tidak dapat lagi dikeluarkan. Formalin dalam tubuh akan bereaksi dengan semua zat-zat dalam sel. Sel yang telah mengikat formalin akan mati dan tubuh kita mengalami keracunan. Keracunan formalin akan ditandai dengan muntah-muntah, diare campur darah atau berupa kencing berdarah. Gangguan peredaran darah akibat formalin juga dapat menimbulkan.

AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII

Lanjutan Materi tanggal 3 April 2020
Islam adalah agama yang menganjurkan adanya keseimbangan antara kepentingan hidup di dunia dan akhirat. Dunia adalah jembatan menuju kehidupan akhirat. Kita tidak boleh mementingkan kehidupan dunia saja, karena dunia itu sementara. Sedangkan akhirat adalah kehidupan yang kekal dan merupakan tujuan akhir hidup manusia.

Di era globalisasi ini manusia banyak yang salah dalam mengartikan kebahagiaan. Kebahagiaan hidup hanya di ukur dari kesuksesan hidup di dunia dan melalaikan kehidupan akhirat. Hal ini sangat berlawanan dengan anjuran nabi Muhammad SAW. Tentang keseimbangan hidup di akhirat.
Rosulullah bersabda “ Kerjakanah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selama-lamanya, dan laksanakanlah amalan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok”.

“Dunia adalah tempat kita diberi pelajaran dan harus menjalani ujian. Ambillah yang kurang dari pada yang lebih, Didalamnya. Puaslah dengan apa yang kamu miliki, betapapun yang kamu miliki itu kurang daripada yang lain. Dunia itu tidak buruk tapi justru sebaliknya, ia merupakan ladang bagi kehidupan akhirat. Apa yang kamu tanam di dunia ini akan kamu panen di akhirat nanti. Yangburuk tentang dunia adalah, jika apa yang kamu perbuat untuk duniamu itu menyebabkan kamu buta terhadap kebenaran oleh nafsumu dan ambisi terhadap dunia” (Syaikh Muhyiddin Ibnu ‘Arabi).

KISAH KHALIFAH UMAR BIN KHATHTHAB RA

Sahabat Umar Bin Khaththab ra. Sewaktu menjadi khalifah pernah sangat marah ketika melihat orang yang hanya berada di masjid untuk ibadah tetapi mengabaikan tugas dan tanggung jawabnya terhadap keluarga, ia rajin beribadah tapi untuk kebutuhan sehari-hari bergantung kepada saudaranya. Beliau bertanya “ kenapa kamu berdiam diri di masjid dan tidak bekerja untuk mencari rizeki dari Allah? Jawab orang tersebut : “ Wahai khalifah, kebutuhan sehari-hariku sudah dipenuhi oleh saudara saya, karena itu hidupku hanya untuk Allah, Kugunakan hari-hariku untuk sholat dan membaca Alqur’an serta i’tikaf di masjid”. Mendengar jawaban tersebut khalifah berkata : “ Kalau begitu pahala saudaramu lebih besar dari pahalamu. Sebab kamu tidak mungkin bisa menjalankan ibadah di masjid seperti ini tanpaada bantuan dari saudaramu yang setiap hari bekerja untuk mencukupi kebutuhan dirinya dan kebutuhanmu”.

Ungkapkan rasa keingintahuanmu!
Setelah membaca materi tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat, tentu ada banyak hal yang kalian pikirkan. Maka, cobalah untuk membuat daftar komentar atau pertanyaan yang relevan pada kolom berikut ini!
Isi Komentar anda:

  1. ..............................................
  2. ..............................................
  3. ..............................................
  4. ..............................................
  5. ..............................................

TIK VIII

Membuat Lembar Kerja Baru pada MS. Excel
Setelah kita mengaktifkan komputer dan membuka MS. Excel, maka secara otomatis akan muncul lembar kerja baru setiap MS. Excel dijalankan. Buku kerja ini terdapat beberapa buah lembar kerja (Worksheet).

Langkah membuat buku kerja ini adalah sebagai berikut.
  • Klik menu Office Button.
  • Pada layar akan muncul kotak lalu pilih New.
  • Klik Blank Workbook.
  • Maka akan langsung muncul lembar kerja baru yang kita inginkan, lihat pada gambar di samping.

1. Memasukkan Data di Sel Lembar Kerja
Memasukkan data pada lembar kerja pertama kalian harus mengaktifkan sel lembar kerja yang bersangkutan, setelah aktif ketikkan data yang akan dimasukkan dan diakhiri dengan menekan tombol Tab atau Enter. Dalam lembar kerja kita dapat memasukkan data angka dan teks.
a. Memasukkan Data Angka
Memasukkan data angka pada lembar kerja MS. Excel, dilakukan dengan cara mengetik dari papan ketik (keyboard). Angka yang kamu ketik akan ditempatkan pada sel yang sedang aktif.

Dalam MS. Excel ini kamu dapat memasukkan data angka berikut.
  • Bilangan bulat, misalnya (1234).
  • Pecahan desimal, misalnya(12,34).
  • Pecahan, misalnya (2 1/3)
  • Dan notasi ilmiah, misalnya (2,45E+12)

Dalam kehidupan sehari-hari kalian pasti melihat bahwa angka-angka ditulis dengan memberikan tanda titik sebagai pemisah ribuan, jutaan, dan seterusnya. Contohnya 31000000 hal ini bisa ditulis dengan 31.000.000, dengan cara itu maka kalian lebih mudah untuk membaca angka-angka yang besar.

Dalam MS. Excel ini kamu tidak diperkenankan (tidak dibolehkan) memasukkan angka dan memberikan tanda titik sebagai pemisah ribuan. Hal ini disebabkan Excel akan memperlakukan tanda titik yang kalian masukkan sebagai karakter titik biasa dan bukan sebagai tanda pemisah. Oleh sebab itu, angka yang kita masukkan tidak berarti. Untuk mendapatkan tanda pemisah ribuan kita dapat memformat data yang sudah dimasukkan. Format data di sini ada beberapa hal yaitu sebagai berikut.

1. Memformat Sel dengan Angka Berupa Bilangan
Memformat sel dengan angka berupa bilangan untuk mendapatkan tampilan data yang lebih rapi dan mudah dibaca. Langkah-langkah untuk memformat sel dengan angka berupa bilangan sebagai berikut.
  • Pilihlah sel yang akan diformat.
  • Dari menu Format, klik Cells. Maka akan ditampilkan kotak dialog Format Cells seperti gambar di samping.
  • Klik tab number.
  • Pilih tipe data number.
  • Ketik angka Decimal places dengan cara memblok dan ketikkan angka yang kamu inginkan. Arahkan kursor pada tanda panah kecil atau tanda seperti ini klik dan masukkan angka yang kalian inginkan.
  • Klik OK.

Catatan : Silahkan dipraktekkan dirumah bagi yang memiliki komputer/laptop


PRAKARYA VIII

Menulis Kaligrafi Khot Kufi:



BAHASA INDONESIA VIII

TEKS  EKSPLANASI

1.PENGERTIAN  TEKS  EKSPLANASI
Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang  proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan , sosial, budaya dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab-akibat dan proses.

2.TUJUAN
Teks Eksplanasi mempunyai tujuan :
a) Menjelaskan fenomena yang terjadi
b) Menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa

3.CIRI-CIRI  TEKS EKSPLANASI
a) Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
b) Informasi yang dimuat berdasarkan fakta.
c) Memuat informasi yang bersifat ilmiah.
d) Sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca agar percaya terhadap hal    yang dibahas.
e) Menggunakan sequence markers, seperti : pertama, kedua, ketiga.

4.STRUKTUR TEKS EKSPLANASI
a) Pernyataan umum : berisi pernyataan umum yang mengenai topik yang akan dijelaskan proses terjadinya/ proses keberadaan.
b) Urutan sebab akibat : berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang palinga akhir.
c) Interpretasi : berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.

5.KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI
a)Fokus pada hal umum bukan partisipan manusia. Contoh : tsunami, banjir, gempa bumi,hujan, dan udara.
b) Menggunakan istilah ilmiah.
c) Lebih banyak menggunakan kata kerja aktif.
d) Menggunakan konjungsi waktu dan kausal. Contoh : sehingga, sebelum, dll
e) Menggunakan kalimat pasif.


IPS VIII

KONFLIK DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

1. Konflik dalam kehidupan sosial

a. Pengertian Konflik
Kata konflik berasal dari bahasa latin configere yang artinya saling memukul. Dalam (KBBI) kamus besar bahasa indonesia mengartikan konflik sebagai percekcokan, perselisihan, atau pertentangan.
Menurut Soerjono Soekanto, konflik adalah sebagai pertentangan atau pertikaian, yaitu suatu proses individu atau kelompok yang berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan, disertai ancaman dan/atau kekerasan.

Menurut Jhon Lewis Gillin dan Jhon Philip Gillin melihat dalam kontek konflik sebagai bagian dari proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan. Artinya konflik tersebut terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, dan perilaku.

b. Faktor-faktor penyebab konflik

1. Perbedaan individu
Setiap manusia adalah individu yang berbeda dan unik, memiliki pendirian dan perasaan berbeda dengan individu yang lain.

2. Perbedaan kebudayaan
Orang dibesarkan dilingkungan yang berbeda maka dari situlah muncul dari berbagai kebudayaan-kebudayaan yang berbeda pula.

3. Perbedaan kepentinga
Setiap manusia invidu ataupun kelompok pasti memiliki kepentingan yang berbeda

4. Perubahan sosial
Masyarakat mengalami perubahan, seiring dengan perkembanagnnya kebutuhan dan pengetahuannya.


BAHASA INGGRIS VIII

Procedure text

  • Procedure text adalah sebuah teks yang berisi tentang cara melakukan atau membuat sesuatu. Procedure text dapat kita temukan dikemasan makanan (resep) kemasan barang-barang elektronik (cara pemakaian barang), kemasan obat (cara pemakain dosis).
  • Struktur procedure text antara lain :


  1. Aim/goal, bagian ini menjelaskan mengenai tujuan dari procedure text. Biasanya berupa judul, atau kadang penjelasan judul.
  2. Materials, bagian inimenjelaskan mengenai bahan- bahan yang dibutuhkan untuk membuat atau melakukan sesuatu, tetapi tidak semua procedure text ada bagian materials.
  3. Steps, berisi tenttang langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu

Cirri-ciri procedure Text

  • Sering menggunakan kalimat perintah(imperative sentence)
  • Menggunakan kata penghubung : then, after that, second, first,finally
  • Biasanya menggunakan simple present tense

Latihan : Buat contoh dari procedure Text dalam bahasa Inggris


PKN

Sumpah pemuda dalam bhineka tunggal ika

Arti dan makna sumpah pemuda dalam perjuangan kemerdekaan republik indonesia
Pristiwa sumpah pemuda merupakan suatu pengakuan dari pemuda –pemudi indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.
Sumpah pemuda dibacakan pada tanggal 28 oktober 1928 yang merupakan hasil rumusan dari kongres pemuda II Indonesia.

Semangat Sumpah Pemuda mencapai puncaknya pada tanggal 17 agustus 1945 ketika Soekarno – hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sejak itu, Indonesia terdiri atas berbagai etnis, agama dan golongan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu. Kemerdekaan memberikan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Semangat Sumpah Pemuda harus tetap ada setelah kemerdekaan bangsa Indonesia diraih. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan hancur apabila bangsa Indonesia tidak lagi memiliki semangat bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu, yaitu Indonesia.

Oleh karena itu setiap tanggal 28 oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Pada tahun 1908, bangsa indonesia mulai bangkit dan berdirinya boedi oetomo.

Kongres pemuda I
Peranan pemuda dalam pergerakan nasional dimulai sejak berdirinya budi Oetomo tanggal 20 mei 1908 dalam perkembangan selanjutnya, organisasi itu lebih banyak diikuti.pada tanggal 7 maret 1915, di jakarta para pemuda seperti dr.R. Satiman wirjosandjojo, kardaman, dan sunardi mendirikan organisasi kepemudaan yang anggotanya terdiri dari anak sekolah menengah di madura dan jawa.

Dalam rangka untuk mewujudkan persatuan kongres disolo 12 juli 1918 dharmo diubah menjadi jong java.

Hasil kongres pemuda I adalah cita-cita indonesia merdeka menjadi cita-cita semua pemuda indonesia, dan semua perkumpulan pemuda berdaya upaya megalang persatuan organisasi pemuda dalam satu wadah.

Sedangakan kongres pemuda II dialaksanakan dalam tiga sesi tempat berbeda:
a. 27 oktober di gedung katolike jongenlingen bond (KJB).
b. 28 oktober 1928 gedung oost-java bloscoop.
c. Rapat penutup digedung indonesinche clibgeboug.

 Adapun Panitia Kongres Pemuda sebagai berikut :
1. Soegondo Djojopoespito (PPPI) Ketua
2. R.M. Djoko Marsaid (Jong Java) Wakil Ketua
3. Muhammad Yamin (Jong Sumateranen Bond) Sekretaris
4. Amir Sjarifuddin (Jong Batak Bond) Bendahara
5. Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond) Pembantu I
6. R. Katja Soengkana (Pemuda Indonesia) Pembantu II
7. Senduk (Jong Celebes) Pembantu III
8. Johanes Leimena (Jong Ambon) Pembantu IV
9. Rochjani Soe’oed (Pemoeda Kaoem Betawi) Pembantu V

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis oleh Muhammad yamin pada selembar kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan secara panjang lebar oleh Muh. Yamin. res pemuda II menghasilkan sumpah pemuda:

Pertama: “kami putra dan putri indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air indonesia
Kedua : “kami putra dan putri indonesia mdngaku berbangsa yang satu bangsa indonesia
Ketiga : kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatua, bahasa indonesia

No comments:

Post a Comment