Tuesday, April 7, 2020

MATERI KELAS VII MTS MIFTAHUSSALAM

Berikut adalah Materi Tugas Mencatat atau belajar dirumah siswa MTs Miftahussalam Kelas VII dalam rangka Perubahan Sistem Pembelajaran di Madrasah menjadi dirumah dalam upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19, agar kiranya materi dicatat di buku pelajaran masing-masing Mata Pelajaran. Jika dalam bentuk soal tulis jawabannya saja. Jika ada pertanyaan silahkan Hub Nomor Telphone yang tertera pada surat Pemberitahuan, silahkan hubungi Wali Kelas untuk bisa bergabung di WA Group agar bisa mengikuti pembelajaran lebih lanjut:

MATEMATIKA KELAS VII

A. Hubungan Antara Dua Sudut

1. Sudut Berpenyiku

2. Sudut Berpelurus


B. Hubungan Antar Sudut Jika Dua Garis Sejajar Dipotong Garis Lain


1. Sudut Sehadap (Sama Besar)
Hubungan antara dua sudut dapat dikatakan sehadap dan sama besar jika besar dan posisinya sama. Berdasarkan gambar diatas terdapat sudut sehadap yang terletak pada:
∠A = ∠P
∠B = ∠Q
∠C = ∠R
∠D = ∠S

2. Sudut Dalam Berseberangan (Sama Besar)
Hubungan antara dua sudut dapat dikatakan dalam berseberangan dan sama besar jika posisinya berseberangan dan terletak di bagian dalam garis. Berdasarkan gambar diatas terdapat sudut dalam berseberangan yang terletak pada:
∠C = ∠Q
∠D = ∠P

3.Sudut Luar Berseberangan (Sama Besar)
Hubungan antara dua sudut dapat dikatakan luar berseberangan dan sama besar jika posisinya berseberangan dan terletak di bagian luar garis. Berdasarkan gambar diatas terdapat sudut dalam berseberangan yang terletak pada:
∠A = ∠S
∠B = ∠R

4. Sudut Dalam Sepihak
Hubungan antara dua sudut dapat dikatakan dalam sepihak jika berada di bagian sisi yang sama dan terletak di bagian dalam garis. Berdasarkan gambar diatas terdapat sudut dalam sepihak yang terletak pada:
∠D + ∠P = 180°
∠C + ∠Q = 180°

5. Sudut Luar Sepihak
Dikatakan luar sepihak jika berada di bagian sisi yang sama dan terletak di bagian luar garis.

∠B + ∠R = 180°
∠A + ∠S = 180°

6.Sudut Bertolak Belakang (Sama Besar)
Hubungan antara dua sudut dapat dikatakan bertolak belakang dan sama besar jika letaknya saling bertolak belakang.
∠A = ∠C
∠B = ∠D
∠P = ∠R
∠Q = ∠S
Contoh Soal Materi Garis dan Sudut
1. Perhatikan gambar di bawah ini!


Hitunglah besar pelurus sudut ABD?

Jawab.
Sudut berpelurus memiliki besar sudut 180⁰.
Maka,
(2x + 10)⁰ + (x + 8)⁰ = 180⁰
     2x + x + 10⁰ + 8⁰ = 180⁰
                   3x + 18⁰ = 180⁰
                             3x = 180⁰ - 18⁰
                             3x = 162⁰
                               x = 54⁰
Besar sudut pelurus ABD = besar sudut CBD, sehingga:
∠CBD = x + 8⁰ = 54⁰ + 8⁰ = 62⁰
Jadi, besar sudut pelurus ABD ialah 62⁰.

2. Perhatikan gambar di bawah ini!


Pada gambar diketahui <ABD = 11 y° dan besar <DBC = 7 y° . Tentukan nilai :
a. Nilai y
b. Besar penyiku <ABD
 <ABD + <DBC =  (90)° 
11 y° + 7 y° = 90°
18 y = 90
y = 90/18
y = 5
penyiku <ABD = 7 y°
= 7 × 5
=35°



Latihan soal

1. Perhatikan gambar di bawah ini



Hitunglah besar pelurus ∠ABD adalah ….

2. Perhatikan gambar di bawah ini tentukan nilai y….




SBK KELAS VII

MENAMPILKAN LEVEL

Bentuk penyajian tari dapat berupa tari tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok. Pengolahan pola lantai pada setiap bentuk penyajian tari tentu akan berbeda. Tari tunggal pengolahan pola lantai dilakukan secara individu, pada tari berpasangan pengolahan lantai dilakukan berdua atau dua orang penari. Pada tari kelompok pengolahan pola lantai dilakukan oleh banyak orang dan memerlukan kerja sama. 

A. Meragakan Gerak Tari Berdasarkan Level dan Pola Lantai dengan hitungan

Level pada gerak memiliki penting karena salah satu fungsinya adalah menjadikan tari tampil tampak lebih dinamis. Pada peragaan tari tunggal kombinasi antara level tinggi, sedang dan rendah tidak dapat dilakukan pada satuan waktu sama. Pada tari berpasangan dan kelompok dapat memainkan level lebih leluasa. Pada tari berpasangan misalnya, salah satu penari dapat melakukan level rendah sedangkan satu penari lainnya pada level tinggi. Pada tari berkelompok setiap penari dapat melakukan level berbeda dengan penari lainnya.

Pola lantai juga memiliki peran penting pada. Fungsi pola lantai sama dengan fungsi level yaitu menjadikan penampilan tari tampak lebih dinamis. Penari dapat membuat pola lantai bervaiasi antara garis lengkung dan garis lurus. Pada penampilan tari tunggal penggunaan pola lantai tidak dapat divariasikan secara bersamaan antara garis lurus dengan garis lengkung. Pola lantai garis lurus dan garis lengkung dapat dilakukan bersamaan pada penampilan tari berpasangan dan tari kelompok.

B. Meragakan Gerak Tari dengan Tata Pentas

1. Bentuk Pentas
Meragakan tari di panggung tertutup atau sering disebut dengan panggung procenium. Pertunjukan tari pada panggung jenis ini biasa terdapat di gedung-gedung pertunjukan yang representatif. Taman Budaya di setiap provinsi biasanya memiliki jenis panggung ini.
Tari yang diragakan di panggung terbuka seperti di candi Prambanan dan Borobudur, biasanya dilakukan dengan kolosal. Artinya, tarian itu melibatkan hampir ratusan penari. Hal ini dilakukan karena panggung yang digunakan berukuran besar.

2. Tata Rias dan Busana
Tata rias dan busana pada pertunjukan tari berfungsi sebagai unsur pendukung. Setiap jenis tari memiliki karakteristik tata rias dan busana sebagai visualisasi makna dan simbol tari yang dibawakan.

Rangkuman
Meragakan tari tidak hanya dituntut kemampu­an­ gerak, tetapi juga kemampuan memadukan­ dengan iringan musik. Seorang yang mampu menguasai gerak tari dengan baik sesuai dengan iringan musik berarti memiliki kecerdasan kinestetik dan kecerdasan musikal. Pembelajaran meragakan tari dapat dijadikan salah satu sarana rekreasi dan rileksasi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

IPA VII

Sifat-Sifat Materi / Zat

1. SIFAT FISIKA adalah sifat yang berkaitan dengan penampilan dan keadaan fisik benda itu(sifat materi yang tidak berhubungan dengan pembentukan zat baru).
Contoh :
titik didih, titik leleh, warna, aroma, massa, massa jenis, kelarutan, dll.
Sifat Fisika meliputi :
a. Sifat Intrinsik yaitu sifat yang tidak bergantung pada jumlah dan ukuran zat.
Contoh : warna, aroma, titik didih, titikleleh, wujud, massa jenis, rasa, dll.
b. Sifat Ekstrinsik yaitu sifat yang bergantungpada jumlah dan ukuran zat.
Contoh : kelarutan, volume, panjang, lebar,massa, ketebalan, dll.

2. SIFAT KIMIA adalah sifat yang berkaitandengan reaksi kimia (sifat materi yang berhubungan dengan pembentukan zat baru).
Contoh :
mudah tidaknya terbakar, mudah tidaknya berkarat, mudah tidaknya membusuk, dll.Sifat Kimia meliputi hanya Sifat Intrinsik.

Perubahan Materi / Zat
1. Perubahan Fisika
Perubahan materi yang tidak menghasilkan /menimbulkan zat baru (terjadi perubahan wujud saja).
Contoh :
-Lilin yang dibakar, batu es mencair, besimeleleh, dll.
- Lilin dibakar berubah wujud dari padatcair,setelah lilin meleleh berubah wujud dari cair-padat, tetapi susunan molekul pembentuknya tetap sama.
- Es mencair berubah wujud menjadi cair, dibekukan berubah wujud menjadi es kembali, tetapi susunan molekul pembentuknya tetap sama (H2O).

2. Perubahan Kimia
Perubahan materi yang menghasilkan /menimbulkan zat baru (terjadi perubahan wujud dan perubahan zat tetapi tidak mengalami perubahan massa). Perubahan Kimia tidak bisa diulang, misal beras sudah menjadi nasi, tidak bisa dirubah menjadi beras lagi, Kertas yang terbakar menjadi abu, abu kertas tidak bisa berubah menjadi kertas lagi.

Contoh : Sumbu lilin yang dibakar, kayu terbakar, minyak menjadi tengik, buah menjadi busuk, besi berkarat, dll. Tanda-tanda yang menyertai perubahan kimia (reaksi kimia) adalah :
  1. Terjadi perubahan warna, Contoh : buah menjadi masak, besi berkarat, roti menjadi gosong, dll.
  2. Terjadi perubahan suhu, contoh: singkong menjadi tape, kedelai menjadi tempe, karbid disiram air, dll.
  3. Terbentuk gas, contoh: kertas dibakar, kompor menyala, karbid disiram air, sampah membusuk, dll.
  4. Terbentuk endapan, contoh: susu menjadi basi, minyak menjadi tengik, batu kapur disiram air, dll. Perubahan kimia yang terjadi pada suatu materi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah penyebab terjadinya perubahan kimia dan contoh perubahan kimia yang diakibatkannya.

a. Proses Bernafas
Proses bernafas mengubah oksigen (O2) menjadi karbon dioksida (CO2). Perubahan oksigen (O2) menjadi karbon dioksida (CO2) termasuk perubahan kimia.

b. Proses Fotosintesis
Proses fotosintesis merubah gas karbon dioksida (CO2) dan air menjadi gas oksigen dan karbohidrat. Perubahan tersebut termasuk perubahan kimia.

c. Pembakaran
Kayu dibakar menjadi arang merupakan contoh perubahan kimia.

d. Perkaratan
Perkaratan adalah reaksi oksigen menembus ke dalam celah-celah besi sehingga lama kelamaan terbentuk karat pada celah-celah tersebut. Perubahan besi menjadi karat adalah contoh perubahan kimia.

e. Pembusukan
Contoh perubahan kimia karena peristiwa pembusukan adalah roti menjadi berjamur, nasi yang membusuk, dan susu yang menjadi masam.

f. Fermentasi
Contoh perubahan kimia karena proses fermentasi adalah perubahan dari singkong atau beras menjadi tape.

g. Pemasakkan
Contoh perubahan kimia yang disebabkan oleh proses pemasakan adalah menanak nasi.


FIKIH KELAS VII

Pengertian dan hukum sholat fardhu

Shalat adalah bentuk peribadatan yang dilakukan oleh umat muslim yaitu dengan berhadap hati kepada Allah SWT dan pelaksanaannya adalah dalam bentuk  perkataan maupun perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan syara’.

Secara Bahasa, kata shalat berasal dari bahasa Arab yang berarti do’a, sedangkan menurut istilah, shalat didefinisikan sebagai suatu bentuk peribadatan dalam bentuk rangkaian kegiatan yang dimulai dengan takbiratul ikram dan diakhiri dengan mengucapkan salam. Terdapat shalat wajib dan macam-macam shalat sunnah yang dijalankan.

Allah SWT telah berfirman dalam  Q.S. Albaqarah ayat 43

و اقیموا الصلاة و آتوا الزکاة و ارکعوا مع الراکعین

Artinya:
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang-orang yang ruku.”

Shalat Fardhu atau yang sering kita sebut dengan shalat wajib adalah sholat yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, dan Hukum Meninggalkan Shalat Dengan Sengaja akan mendapatkan dosa. Dengan kata lain ibadah ini hukumnya wajib kita kerjakan, karena apabila kita satu waktu saja meninggalkannya, maka kita akan mendapatkan dosa dari Allah SWT.

Fardhu Ain
Ini merupakan suatu kewajiban untuk menjalankan shalat bagi tiap-tiap umat muslim/ mukallaf dan tidak boleh ditinggalkan ataupun diwakilkan kepada orang lain.

Syarat – Syarat Melaksanakan Shalat

  1. Beragama islam
  2. Baligh dan berakal sehat
  3. Suci dari hadast
  4. Suci seluruh anggota tubuh, pakaian, dan tempat
  5. Menutup aurat.(Baca : Hukum Wanita Memakai Celana)
  6. Telah masuk waktu yang telah ditentukan untuk masing-masing shalat
  7. Menghadap kiblat
  8. Mengetahui antara yang termasuk rukun dan sunnah shalat.


TIK VII

Perangkat Lunak (Software) Komputer

Bila mobil itu ibarat perangkat keras, maka bensin diibaratkan perangkat lunaknya. Bila VCD player itu perangkat keras maka VCD film Disney misalnya adalah perangkat lunaknya. Bila tape recorder itu perangkat keras maka kaset yg berisi lagu itu perangkat lunaknya. Bila tubuhmu perangkat keras maka apa yang menjadi perangkat lunaknya?

Pengertian Perangkat Lunak (Software)

1.Pengertian
Manusia memiliki jiwa dan tubuh, dalam komputer pun demikian. Hardware dalam komputer dapat dianalogikan sebagai tubuh sedangkan software dalam komputer dapat dianalogikan sebagai jiwa. Untuk dapat menjalankan tugasnya maka komputer harus memiliki keduanya yaitu, hardware dan software. Dalam bab sebelumnya telah dilakukan pembahasan terhadap hardware, maka pada bab ini kita akan membahas tentang software.

Software adalah perintah-perintah yang membuat komputer dapat melaksanakan tugas dari perintah yang diberikan yang dibuat dengan bahasa khusus. Operasi arithmatik (seperti perintah +, -, /, x) dan logika (seperti perintah or, and, >, <, =) adalah bentuk atau bagian terkecil dari software yang disusun hingga menjadi sebuah software. Penyusunan software berdasarkan teori informasi adalah dengan mengumpulkan data, lalu data diseleksi dan diurutkan menjadi suatu informasi, kemudian informasi disusun secara sistematis sehingga menjadi pengetahuan lalu dari pengetahuan berkembang menjadi suatu perintah, terakhir perintah dijalankan dalam proses aplikasi.

Fungsi software :
  1. Mengenali suatu program
  2. Menyiapkan aplikasi program agar komputer dapat bekerja dengan terkontrol
  3. Membuat pekerjaan lebih mudah dan efisien

Aplikasi Perangkat Lunak

Software terbagi dalam dua jenis yaitu, Software sistem operasi(operating system) dan Software aplikasi. Software sistem operasi(operating system) adalah Software yang digunakan untuk mengoperasikan komputer. Software aplikasi adalah Software yang dijalankan pada sistem operasi untuk menjalankan tugas  tertentu.

1. Software sistem operasi (operating system)
Sistem operasi dijalankan sejak komputer pertama kali dihidupkan. Sistem operasi adalah software yang sangat penting yang mengatur seluruh proses kegiatan yang ada pada komputer. Sistem operasi dapat pula diartikan sebagai penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras.
  • Fungsi sistem operasi :
  • Mengatur cara kerja komputer
  • Memanajemen data
  • Mengelola keamanan
  • Mengendalikan software yang dijalankan

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka sistem operasi pun semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pengguna komputer.

Macam-macam sistem operasi yang sering digunakan :



a.  DOS (Disk Operating System)

DOS pertama kali digunakan pada IBM PC. Tahun 1982 DOS pertama kali dibuat dalam bentuk disket. Komputer-komputer versi lama menggunakan DOS sebagai sistem operasinya.

Cara mengaktifkan DOS adalah sebagai berikut.

  • Klik start menu | MS-DOS Prompt, jika menggunakan windows 98
  • Klik start menu | accessories | Command Prompt, jika menggunakan windows 2000/XP
  • Klik start menu | Run | ketik cmd atau command untuk semua windows
b. Windows
Microsoft adalah perusahaan yang membuat program windows. Windows memiliki banyak kelebihan yaitu, mempunyai banyak feature.

Perkembangan windows :
  • Windows 1.0
  • Windows versi 3
  • Windows 95
  • Windows 97
  • Windows 98
  • Windows 2000, dibuat dengan teknologi NT(network technology) lalu dibuat dengan berbagai versi:
  • Windows 2000 versi beta (versi percobaan)
  • Windows 2000 versi profesional dan versi server
  • Windows XP
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 10
c. Unix
Ken Thompson dan Dennis Ritchie menemukan Unix, lalu pada tahun 1969 Bell Labs mengembangkan Unix. Unix adalah sistem operasi yang memiliki konsep interaktif sharing time. Unix merupakan sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa C. IEEE telah membuat standarisasi untuk Unix sebagai POSIX (Portable Operatyng System Interface)

Ciri dari Unix :
  • Dapat digunakan oleh banyak user dalam waktu yang bersamaan
  • Dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan
  • Line/Text Command Based, menggunakan perintah yang diketikan untuk memerintah komputer mengerjakan sesuatu, walaupun telah memiliki GUI yang dapat menjalankan perintah tanpa diketikan
  • Memiliki tingkat keamanan yang baik, setiap user, group, dan file memiliki set ijin tersendiri sehingga user tidak dapat mengedit atau menghapus file tanpa ijin yang cukup
  • Ready for network
d. Linux
Linux adalah implementasi independen dari POSIX yang meliputi true multitasking, shared library, multiuser, dan virtual memory. Linux dan source codenya disebarluaskan secara gratis melalui lisensi dari GNU general public License (GPL). Banyak orang ataupun kelompok-kelompok yang mengembangkan proyek Linux tanpa dibayar, mereka melakukannya untuk kemajuan linux, karena mereka menganggap linux itu spesial.


PRAKARYA VII

Kaligrafi

Kaligrafi adalah sebuah seni tulis atau corak yang memiliki nilai keindahan dengan berbagai motif, variasi dari tangan yang memiliki keterampilan. Kaligrafi dikenal sebagai tulisan seni di berbagai huruf atau aksara di antaranya :
  • Huruf Hijaiyah (Bahasa Arab)
  • Huruf Mandarin (Bahasa Cina)
  • Huruf-huruf dalam Bahasa Jepang
  • Huruf Latin (seperti Bahasa Yunani)
  • Huruf Sansekerta atau Huruf Jawa (Aksara Indonesia)
  • Dan lainnya.

Bahasa-bahasa dan aksara tersebut di atas di sajikan dalam seni dengan keterampilan tangan yang disebut kaligrafi, setiap negara namanya mungkin berbeda-beda.
Dalam islam kaligrafi merupakan sebuah seni rupa dalam tulisan bahasa arab, dan biasanya kaligrafi arab ini ditulis dengan ayat-ayat Al-Quran atau kata-kata dalam bahasa arab juga sering diperlombakan baik tingkat nasional bahkan International
2 Macam Macam Kaligrafi (Khot) Arab
  1. Kaligrafi Khat Naskhi (Naskah)
  2. Kaligrafi Khot Riqi (Riq’ah)
  3. Kaligrafi Khot Khot Tsuluts
  4. Kaligrafi Khot Diwani
  5. Kaligrafi Khot Dewani Jali
  6. Kaligrafi Khot Kufi
  7. Kaligrafi Khot Farisi

BAHASA ARAB VII

Mencatat Mufrodat:

معنى
(Arti)
مؤنث
(Pr)
مذكر
(Lk2)
kecil
صَغِيْرَةٌ
صَغِيْرٌ
dekat
قَرِيْبَةٌ
قَرِيْبٌ
pendek
قَصِيْرَةٌ
قَصِيْرٌ
sedikit
قَلِيْلَةٌ
قَلِيْلٌ
kotor
وَاسِحَةٌ
وَاسِحٌ
jelek
قَبِيْحَةٌ
قَبِيْحٌ
malas
كَسْلَانَةٌ
كَسْلَانٌ
sempit
ضَيِّقَةٌ
ضَيِّقٌ
lambat
بَطِيْئَةٌ
بَطِئٌ
dangkal
ضَحْلَةٌ
ضَحْلٌ
Mudah
سَهْلَةٌ
سَهْلٌ
 dusta   
كَاذِبَةٌ
كَاذِبٌ



BAHASA INDONESIA VII


1.CIRI-CIRI  FABEL
a)Fabel mengambil tokoh para binatang
b)Watak tokoh para binatang digambarkan ada yang baik dan ada yang buruk ( seperti manusia)
c)Tokoh binatang bisa berbicara seperti manusia
d)Cerita memeliki rangkaian peristiwa yang menunjukan kejadian sebab-akibat
e)Fabel menggunakan lattar alam ( Hutan, sungai, kolam, dll )

2.CIRI BAHASA YANG DIGUNAKAN
a)Kalimat naratif/ peristiwa
b)Kalimat langsung ( dialog )
c)Menggunakan bahasa sehari-hari ( tidak formal )

3.MENCERITAKAN KEMBALI  ISI  FABEL
Yang perlu dilakukan dalam menceritakan kembali isi Fabel adalah :
a)Menentukan tokoh dan watak tokoh
b)Menentukan rangkaian peristiwa
c)Menceritakan isi fabel
d)Menelaah struktur dan bahasa fabel
Struktur fabel meliputi :
a)Orientasi, yaitu bagian awal dari suatu cerita yang berisi pengenalan tokoh, lattar ( tempat, waktu, dan suasana).
b)Komplikasi, yaitu konflik atau permasalahan antara satu tokoh dengan tokoh yang lain.
c)Resolusi, yaitu pemecahan masalah.
d)Koda, yaitu bagian akhir fabel yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.

4.MEMERANKAN ISI  FABEL
Di dalam memerankan isi Fabel yang harus diperhatikan adalah :
a)Merancang tokoh, watak, dialog, lattar sesuai dengan isi fabel yang dibaca.
b)Menentukan urutan cerita
c)Merancang pemeranan dari fabel yang dibaca
d)Melakukan adu kreatif pemeranan fabel.


IPS VII

Kelangkaan dan kebutuhan Manusia
A.Kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi
Berbagai barang dan jasa dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kelangkaan terlihat dari jasa ketika kita ingin memanfaatkan sumber daya ekonomi seprti sumber daya alam.

Istilah ekonomi berasal dari kata yunani, oikonomia yang terbentuk dari dua kata, yaitu oikos yang berarti rumah tangga, dan nomos yang berarti pengaturan atau pengolahan. Dengan demikian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia atau kelompok manusia dalam menggunakan sumber daya yang ada dengan cara sebaik-baiknya. Dengan ilmu ekonomi kita bisa melakukan hal-hal berikut.
a. Menghasilkan barang sebanyak-banyaknya sesuai faktor-faktor produksi yang dimiliki
b. Menyalurkan atau mendistribusikan barang-baang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen
c. Memilih berbagai kombinasi barang dan jasa yang ingin dikosumsi dengan sebaik-baiknya sehingga diperoleh kepuasan yang maksimal.

Secara khusus ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah kelangkaan sumber daya alam.
a. Efisien dalam menggunkan sumber daya alam. Artinya kita mengusahakan jangan samapai ada sumber daya yang terbuang dengan percuma.
b. Penggunaan teknologi dalam proses produksi. Contohnya, menggunakan mesin-mesin canggih dalam memproduksi barang sehingga proses produksi dapat berlangsung dengan lebih mudah, cepat, dan menghasilkan barang dalam jumlah yang banyak.
c. Menjaga kelestarian sumber daya alam. Contohnya melakukan reboisasi dan pengolahan limbah produksi


BAHASA INGGRIS VII

Caution/ notice warning

  • Caution adalah peringatan kewaspadaan dah kehati – hatian pada situasi tempat yang berbahaya
  • Notice adalah sebuah tanda / tulisan yang ditujukan pada semua orang dan berfungsi untuk menginformasikan sesuatu yang tidak boleh dilakukan
  • Warning adalah peringatan yang ditujukan kepada public tentang sebuah bahaya yang mungkin terjadi
  • Caution, notice dan warning biasanya terdapat ditempat –tempat umum, menggunakan bahasa yang singkat, mudah dibaca dan dipahami.

Greeting Card
Greeting Card adalah kartu ucapan yang berisi ucapan sebuah ucapan selamat atas keberhasilan atau kesuksesan orang lain.greeting Card terdiri dari beberapa jenis diantaranya : kartu ucapan selamat ulang tahun, kartu ucapan kelahiran, kartu ucapan kelulusan,kartu ucapan mendapat pekerjaan baru, ucapan hari pernikahan, dll.

Greeting Card terdiri dari beberapa bagian antara lain :

  1. Seseorang yang dituju
  2. Isi ucapan
  3. Pengirim

Greeting Card biasanya menggunakan bahasa yang singkat dan jelas
Latihan : Buat contoh dari caution/notice warning dan greeting card dalam bahasa Inggris


PKN VII

KEBERAGAMAN DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA
Keberagaman Bangsa Indonesia

1. Keberagaman suku bangsa indonesia
Keberagam adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam segala bidang. Perbedaan terutama dalam hal suku,agama,ras,keyakinan,ideologi politik,sosial budaya dan ekonomi.

2. Keberagaman budaya indonesia
Negara adalah salah satu negara keragaman dan budaya. setiap suku memiliki bermacam-macam tradisi dan budaya khas yang dipegang oleh masyarakatnya. Jadi budaya atau kebudayaan indonesia adalah keseluruhan budaya yang ditanah air yang terdiri atas macam-macam suku bangsa yang tersebar diwilayah indonesia.

Unsur-unsur budaya

  • Kepercayaan
  • Mata pencarian
  • Teknologi dan peralatan
  • Kesenian
  • Pengetahuan
  • Kemasyarakatan dan bahasa

3. Penyebab keberagaman di indonesia
Fungsi bahasa indonesia:

  • Lamabang kebanggaan  bangsa
  • Alat komunikasi antar daerah atau antar budaya
  • Lambang identitas bangsa
  • Sebagai alat persatuan


Penyebab keberagaman di indonesia 
Masyarakat indonesia adalah masyarakat majemuk karena berasal dari berbagai macam suku,agama,ras.dan budaya. Berikut beberapa faktor penyebab terciptanya masyarakat indonesia yang beragam, yaitu sebagai berikut:

  1. Faktor letak negara indonesia
  2. Faktor wilayah indonesia yang memiliki banyak pulau
  3. Faktor sejarah indonesia


Faktor penyebab keberagaman agama di indonesia
Agama yang dianut indonesia untuk saat ini ada 6 yaitu: agama islam, kristen protestan, kristen katolik, hindu dan konghucu. Keberagaman indonesia dikarenakan banyaknya pedagang-pedagang dari luar negeri datang keindonesia untuk berdagang sambil menyebarkan agama merka masing-masing.seperti agama islam dibawa pedagang dari persia, pedagang dari hindia membawa agama hidhu-budha, pedagang dari eropa membawa agama kristen, dan pedagang dari cina membawa agama konghucu.

4. Semboyan bhineka tunggal ika
Bhinneka tunggal ika dijadikan semboyan yang lahir melalui perenungan panjang oleh pendiri negara. Semboyan ini mengandung pengertian bahwa walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu.semboyan tersebut mengandung makna bahwa negara indonesia adalah negara yang luas dengan ribuan pulau yang terdiri atas suku bangsa,agama,ada istiadat, dan bahasa yang berbeda-beda.

Tokoh yang mengusulkan bhinneka tunggal ika sebagai semboyan negara indonesia adalah Muh. Yamin walaupun pada awalnya Ir. Soekarno yang menyusun bhinneka tunggal ika setelah merdeka.

Sikap toleran terhadap keberagaman suku bangsa indonesia
a. Prilaku toleransi dalam beragam indonesia antara lain:

  1. Melaksanakan ajaran agam ayang dianutnyadengan baik dan benar
  2. Menghormati agama yang dianutnya oleh orang lain
  3. Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianut kepada orang lain
  4. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain.


b. Perilaku toleransi terhadap keberagaman suku dan ras di indonesia

  1. Menghormati harkat dan martabat orang lain
  2. Tidak membeda-bedakan orang berdasarkan suku ras.

c. Perilaku toleransi terhadap keberagaman sosial budaya

  1. Menegtahui keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa indonesia
  2. Mempelajari dan menguasai salah satu seni budaya bangsa sendiri
  3. Menyaring budaya asing yang  masukkedalam bangsa indonesia




No comments:

Post a Comment