Saturday, April 25, 2020

Materi Kelas VIII MTs Miftahussalam (Lanjutan)

MATERI LANJUTAN KELAS VIII MTS MIFTAHUSSALAM

Berikut adalah Materi Tugas Mencatat atau belajar dirumah siswa MTs Miftahussalam Kelas VIII SEBAGAI LANJUTAN Pada pada tugas sebelumya, hal ini dalam rangka Perubahan Sistem Pembelajaran di Madrasah menjadi dirumah dalam upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19, agar kiranya materi dicatat di buku pelajaran masing-masing Mata Pelajaran. Jika ada pertanyaan silahkan Hub Nomor Telphone yang tertera pada surat Pemberitahuan, silahkan hubungi Wali Kelas untuk bisa bergabung di WA Group agar bisa mengikuti pembelajaran lebih lanjut:

MATERI KELAS 8
BAB 9 BANGUN RUANG SISI DATAR
1. LUAS PERMUKAAN KUBUS




Rumus luas permukaan kubus:
= 6 x S²

2. LUAS PERMUKAAN BALOK

Luas permukaan balok = 2 ( pl + pt + lt)
Keterangan : p = panjang, l = lebar, t = tinggi


BAHASA ARAB 8:
Mencatat...!

  1. Isim yaitu Kata benda atau yang dibendakan dan tidak menunjukkan waktu kejadian
  2. Fiil yaitu kata kerja yang menunjukkan suatu kejadian yang disertaio keterangan waktu (Masa lalu, ekarang, yang akan datang)
  3. Huruf yaitu kata depan atau penghubung yang tidak menunjukkan suatu kejadian dan waktu, kata khuruf akan sempurna bila disusun dalam suatu kalimat. (klik gambar untuk memperbesar)



Fail = Subjek, Maf'ul Bih = Objek, contoh: (klik gambar untuk memperbesar)




IPS KLS 8
Mencatat..!!

1. Keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam permintaan dan penawaran

a. Keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam pemintaan
Kebutuhan dan permintaan dapat terciptan berdasarkan ruang. Lokasi dimana seseorang berada dapat menciptakan kebutuhan dan permintaan yang berbeda. masyarakat kota dan masyarakat desa misalkan, bagi masyarakat kota kebutuhan dan peminatan dalam telepon pintar(smartphone)  merupaka kebutuhan yang penting sehingga terdapat permintaan yang cukup tinggi. Sedangkan dalam masyarakat pedasaan telepon pintar(smartphone) mungkin bukan suatu kebutuhan yang sangat penting. 

b. Keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam penawaran
Kamu juga telah mengetahui bahwa suatu wilayah membutuhkan benda atau produk yang tidak mampu dihasilkan wilayah tersebut. Wilayah yang memiliki sumber daya alam tertentu akan menawarkan sumber daya alam tersebut. Apabila wilayah lain membutuhkan sumber daya alam yang ditawarkan, maka akan terjadi interaksi antarruang antar dua wilayah. Suatu wilayah akan menawarkan produk dan jas yang didukung antara lain oleh keunggulan alam, dan keunggulam sumberdaya manusia yang dimiliki wilayah tersebut.

2. Pengertian pelaku ekonomi
Pelaku ekonomi adalah individu-individu atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam proses ekonomi
3. Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian
a. Rumah tangga atau konsumen(RTK)
b. Rumah tangga produsen(RTP)
c. Pemerintah
d. Masyarakat luar negeri

4. Permintaan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi
a. Penggunaan teknologi dalam permintaan
b. Penggunaan teknologi dalam penawaran

TIK 8
Melanjutkan catatan yang belum selesai pada Tugas TIK sebelumnya

PKN 8
Mata pelajaran : PKN
Kelas : VII (Tujuh)
Materi : keragaman dalam bingkai bhineka tunggal ika
Tugas  : Melanjutkan mencatat materi yang belum selesai pada Tugas PKn sebelumnya

IPA 8
Mencatat..!
Materi : Optika

1. setiap benda yang memancarkan cahaya disebut sumber cahaya dan setiap benda yang tidak dapat memancarkan cahaya disebut benda gelap.

2. Cahaya dapat dianggap sebagai partikel dan sebagai gelombang. Sebagai gelombang, cahaya mempunyai sifat dapat dipantulkan dan dapat dibiaskan.

3. Hukum pemantulan cahaya adalah sebagai berikut. Sinar datang, sinar pantul, dan garis normal terletak pada satu bidang datar. Sudut datang sama dengan sudut pantul.

4. Hukum pembiasaan cahaya dituliskan sebagai berikut. Sinar datang, sinar bias, dan garis normal terletak pada satu bidang datar dan ketiganya berpotongan di satu titik.

5. Alat optik adalah alat yang cara kerjanya memanfaatkan peristiwa pembiasaan dan pemantulan cahaya.

6. Mata termasuk alat optik karena didalamnya terdapat lensa mata yang digunakan untuk menerima cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang kita lihat.

7. Alat-alat optik lain yang menggunakan prinsip peristiwa pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa antara lain kamera, lup, mikroskop, teleskop, dan periskop.


B. INGGRIS VIII

REPORT TEXT
-Report text bertujuan untuk memberikan informasi, penjelasan atau deskripsi sesuatu secara umum. Misalnya manusia, hewan, atau fenomena alam. Report text berisi fakta bukan opi.
-Struktur report text:
a. Tittle ( petunjuk mengenai tentang report yang akan disampaikan)
b. General classification ( pengantar singkat tentang sesuatu/fenomena yang akan dibahas)
c. Description ( mendeskripsikan sesuatu/fenomena secara detail, baik fisiknya, habitat, dan perilaku
-Report text menggunakan present tense
-Contoh:
Have you ever wondered how beautiful Japanese scenes are? Most of them are seen and dominated by the beauty cherry blossom. Cherry blossom has scientific name as Genus Prenus. It has been called as Sakura in Japan. Cherry blossom belongs to the Rosacea family.
Now days, Cherry blossom is seen in some varieties such as; Yama Zakura, Oshima Sakura, America Sakura and many other types.

The main characteristic of cherry blossom is on the way it grows. The flower grows earlier than the leaves. Cherry blossom have many colors. There are white, little pink, and red.
Mostly cherry blossoms grow in moist low and highland. A place with a little bit moist and is protected from sunlight is best for its natural habitat.

TUGAS, Tolong terjemahkan ke dalam bentuk bahasa Indonesia teks di atas!

SBK 8
Merancang Pementasan Pantomim
A. Perancangan Pementasan Pantomim
Untuk menghasilkan pertunjukan pantomime yang menarik, kamu harus mencari tema-tema
yang unik. Tema adalah ide cerita. Tema bisa kamu dapatkan dari kehidupan sehari-hari. Banyak tema yang menarik untuk ditampilkan berupa gerak-gerak pantomim seperti: kerja bakti, beres-beres rumah, berwisata, main balon, bermain dengan binatang peliharaan dan lain-lain

B. Rancangan rias
Penggunaan rias pada pantomim memang cukup khas yaitu menggunakan bedak putih yang menutupi seluruh wajah dengan tambahan garis-garis hitam. Kamu juga bisa menambahkan penggunaaan alat rias lain contohnya lipstik, pemerah pipi, dan pensil alis.Seorang seniman pantomim bisa langsung dikenali dari riasanberupa cat berwarna putih di seluruh bagian wajah (tetapi tidak di lehernya), celak berwarna hitam tebal dengan bentuk seperti ”air mata” yang mengalir disekitar tengah tulang pipi, alis mata berwarna gelap, dan lipstick hitam atau merah gelap

C. Rancangan Kostum
Seniman pantomim serius mungkin tidak lagi mengenakan kostum klasik, tetapi kostum yang
sangat mudah dikenali untuk pesta kostum. Dengan mengenakan kaus bergaris hitam putih horizontal, dan lengan tiga per empat. Selain itu, kenakan celana berwarna gelap,
tali selempang berwarna hitam, dan sarung tangan sepanjang pergelangan
tangan berwarna putih untuk menyempurnakan tampilan.
Tidak perlu mengenakan topi pemain bola guling. Kalian bisa mengenakan topi baret berwarna hitam atau merah.

D. Rancangan Musik
 Musik berfungsi sebagai penguat adegan dan gerakan pantomim. Juga membantu untuk
Mewujudkan suasana yang ingin ditampilkan misalnya kemeriahan, kesedihan, suasana hutan, kota maupun jalan raya.

E. Membuat Rancangan Properti
Buat rancangan peralatan yang dibutuhkan di atas panggung (property) dan latar belakang
panggung (setting) secara efektif dan efesien artinya properti dan setting yang dibuat sesuai dengantuntutan pertunjukan, sertafungsinya yang jelas. 

FIKIH 8
Mencatat..!
Puasa Ramadhan
Puasa Ramadhan adalah kewajiban yang wajib di laksanakan oleh seluruh umat Islam dan yang ber iman di seluruh dunia tanpa terkecuali, maka di setiap ahir dari bulan sa' ban beberapa ormas Islam berupaya untuk memastikan atau menentukan pelaksanaan ibadah puasa Ramdhan di antaranya ada yang menggunakan metode hisab dan yang menggunakan metode ru' yah.dan metode yang lainnya yang tujuannya adalah untuk memastikan kewajiban ibadah puasa Ramadhan.

Ibadah puasa Ramadhan adalah suatu proses untuk bisa lebih dekat ke pada Allah SWT karena melalui puasa manusia akan lebih mudah untuk mengingat sang maha pencipta dan ter golong orang-orang yang beriman  bertaqwadan beruntung sisi Allah SWT,firman Allah . yang artinya whai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu ber taqwa.( Quran surat Al-Baqarah ayat 183.)

Jika melihat ayat di atas ternyata ibadah puasa Ramadhan adalah suatu kewajiban yang mendidik manusia untuk lebih baik dan takut kepada Allah SWT,dan beruntung bagi mereka yang mendapatkan kesempatan dan melaksanakan puasa Ramadhan.karena mereka Adah orang-orang yang di pilih oleh Allah SWT untuk lebih bertaqwa.

Menurut Imam Alghozali dalam kitab Ihyak Ulumuddinnya, puasa di kategori kan menjadi tiga yaitu:
  1. Puasa nya orang awam
  2. Puasanya orang khusus.
  3. Puasnya orang yang di khususkan..

Puasanya orang awam adalah mereka berpuasa namun mereka tidak berusaha mengendalikan hawa nafsu nya dare hal yang bisa membuat batal pasalnya puasa ,misalnya mereka selalu berfikir tentang menu makanan.dll.

Kemudian puasanya orang khusus adalah selain mereka mencegah dari makan dan minum tapi mereka ber usaha menjaga hal-hal yang bisa membatalkan pahala puasa , contoh mereka berusaha untuk tidak membicarakan keburukan orang dll.

Puasanya orang yang di khususkan,mereka berpuasa juga menjaga hatinya supaya tidak lupa untuk mengingat Allah SWT.

Melihat keritiria puasa di atas mari kita tingkatkan nilai ibadah puasa kita supaya kita masuk golongan orang-orang yang bertakwa.

Hikmah puasa Ramadhan bagi yang melakukan..
Secara kesehatan sangat membantu dalam proses menyetabilkan kondisi tubuh kita karena semakin banyak kita kumsumsi maka akan banyak penyakit yang muncul dalam tubuh kita.

PRAKARYA 8

PRAKTIK Khot Tsulus..!



No comments:

Post a Comment